Total Tayangan Halaman

TIPS AND SHARING MOTIVASI ALA SHASA: HOW TO GET SCHOLARSHIP (PART 1)

Haaaay, scholarship hunters...
Sudah sejauh mana kalian menyiapkan diri untuk meraih beasiswa?
Masih stuck di tempat, kebingungan gak tau arah atau udh dalam tahap prepare?
Nah, disini aku mau berbagi sedikit cerita gimana awal mulanya aku bisa dapet beasiswa..

Aku sekarang kuliah di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), jurusan farmasi, semester 5. Yupss, UAD ini merupakan kampus swasta. Tp jgn salah, walau swasta akreditasinya A, prodi yg aku geluti akrednya juga A. Ehhh, jd promo deh..

Jgn bosen dlu ya, soalnya ini awal mula banget ceritanya gmn aku bisa dapetin beasiswa.. Siapa tau ini bisa sedikit memotivasi kalian..

Nah, aku nyasar sampe ke UAD ini krn gagal di SNMPTN dan JUGA gagal di SBMPTN..  SNMPTN kami gagal 1 sekolah, krn ada kesalahan saat penginputan nilai oleh pihak sekolah.. Sad banget ini tuh.. Terus, SBMPTN gagal krn kurang persiapan.. Inilah kelemahan kuliah di SMK, u know lah pastinya, kalo SMK dipersiapkan untuk KERJA, bukan kuliah. Jadi kami kurang dlm hal materi dibandingkan anak SMA..

Beberapa hari menjelang test SBMPTN, aku ada perlombaan LKS di Universitas Negeri Malang. Aku membawa nama provinsiku saat itu. Jd waktu luang sehabis UN aku gunain buat persiapan lomba.. Bukan buat persiapan SBMPTN.. jd bisa dikatakan aku siap tempur berlaga di UM, tp ga siap sama sekali buat SBMPTN.. akhirnya, krn ga siap, ga hoki juga wkwk aku fix ga lolos SBMPTN.. Makin hilang arah lah akutu.. bingung mau ke mana dan bingung harus gimana..

Saat itulah penyesalan terbesarku dimulai, harusnya aku bisa lebih persiapan untuk masa depanku, harusnya bisa bagi waktu, antara persiapin lomba sama persiapin mau masuk kuliah. Terlalu banyak kata "seharusnya" dan "seandainya" kala itu..
Piala yg berhasil ku bawa pulang dri Malang pun rasanya jadi hambar.

Akhirnya setelah mikir panjang, jadilah aku memutuskan untuk tidak kuliah. Yaa, ada banyak hal sebenernya yg melatarbelakangi kenapa aku nekat ngambil keputusan itu. Aku anak sulung dengan 3 orang adek yg masih krucil2 waktu itu. Menjadi anak sulung bukanlah hal yg mudah bagiku, aku memiliki ego yg sangat tinggi dlm hal "menambah beban ortu". Sejak awal menduduki bangku SMP aku sudah bertekad untuk lanjut sekolah tanpa memakai uang orang tua. SD, SMP, dan SMK berhasil kulalui tanpa SPP, dan bonusnya aku berhasil mengumpulkan uang yg cukup besar dr hasil lomba ini itu.

Menjadi tamparan yg sangat keras ketika ku pikir aku gagal memenuhi niat awalku untuk kuliah dengan biaya ditanggung pihak lain.. Aku usaha sana sini, ternyata kampus2 yg menawarkan kuliah dengan jalur beasiswa sudah HABIS. Ternyata untuk jalur2 beasiswa pendaftaran sudah bisa dilakukan bahkan sblm UN. Aku baru tau itu saat abis UN. Parah emang, Time Out guyss, waktu pendaftaran udh habis, dan aku SANGAT SANGAT TERLAMBAT.. Kembali aku berkutat dengan  kata PENYESALAN.. Salahku disini adalah tidak menyiapkan diri dlm menggapai asa yg sudah ku lambungkan tinggi dari awal.

Kalau ada yg bertanya2 kenapa aku banyak ketinggalan info, karena waktu itu di tempatku, cukup masa bodoh dengan urusan KULIAH. Kembali lagi ke lingkungan tempatku menimba ilmu, teman2ku kebanyakan memikirkan bekerja, bukan kuliah. Orang tua ku cukup sibuk, mereka membebaskan ku untuk kuliah dimanapun, akhirnya aku jd masa bodoh juga tentang perkuliahan. Ku pikir itu bisa sambil jalan. Akhirnya aku gak update tentang kuliah di tempat ini gimana di tempat sana gimana. Pokoknya pengetahuanku tentang kuliah, kampus, akreditasi yg baik, jurusan apa, itu bener2 0 besar.

Final lah sudah keputusanku untuk tidak kuliah di tahun itu, bekerja dlu selama 1 tahun, sambil menyiapkan diri mencari2 beasiswa untuk kuliah.. Awalnya seperti itu.. Tapi setelah ku utarakan, orang tuaku ngga setuju.. wkwkwk Mereka bilang, ga usah mikir biaya, nnti mereka yg bayar. Aku kekeuh banget tuh, ttep ga mau kuliah klo dibayarin ortu. Tp sekekeuh2nya aku, masih kekeuhan orang tuaku. Jadilah aku mutusin untuk tetep lanjut, dengan berat hati dan ogah2an aku nyari info kuliah jurusan farmasi. Eh udh pada tutup gaaees, nemu yg masih buka, yg di Jawa tp sistem daftarnya bisa dri rumah tanpa harus kesana adanya cuma UAD waktu itu. Tp pas ngecek biaya kuliah disana, rasanya itu mata mau copot liat angka yg fantastis banget. Aku terbuka aja disini, biaya kuliah di UAD 25 juta 2 semester awal 8 juta di 6 semester selanjutnya, dan itu blm termasuk biaya praktikum 😭😭😭 Tapi manut lg ke kata2 ortu buat nyoba, akhirnya ku send lah requirementnya berupa berkas2 administrasinya via pos. Eh taunya loloss.. Pdhl aku berdoanya ga lolos, yaa berkat doa orang tua guys..

Aku bener2 ga enak kemaren itu sama ortu, krn biaya awalnya bnr2 muahal.. Tp ternyata dibalik banyaknya drama2 menyesakkan Allah punya rencana indah untukku. Di tengah kegundahanku itu, ada pengumuman dri pihak Dinas Pendidikan Banjar, bahwa aku termasuk dlm 3 besar UN SMK tertinggi. Dri sana aku dapet uang 30 juta. Dan itu bisa nutupin bayar kuliah awalku. Nahh, dri sana aku kemudian yakin untuk lanjuuut ambil UAD dengan harapan selanjutnya aku bisa dapet beasiswa apapun itu bentuknya.

Disini, buat kalian yg masih SMP atau SMA/MA/SMK, ataupun yg udh jd mahasiswa. Pesan yg pengen aku sampein ke kalian: WHEN U HAVE A DREAM, U MUST PREPARE YOURSELF TO MAKE IT COMES TRUE. karena MIMPI TANPA EKSEKUSI HANYALAH HALUSINASI. MIMPI TANPA TINDAKAN HANYA AKAN TETAP SEKEDAR MIMPI. Jd mulailah untuk bertindak, mulailah untuk mengeksekusi mimpi kalian. Bingung gimana memulai persiapannya? Jangan dibiarkan terlalu lama bingungnya, nanti malah lama kelamaan niat untuk mewujudkan mimpi itu jd hilang perlahan. ALL U NEED TO DO, JUST DO IT. Do what? kalian bisa mulai dengan mengenali mimpi kalian, dengan mengenali kalian akan bisa menyusun rencana untuk langkah selanjutnya. Mulai dengan mencari2 info mengenai mimpi kalian. Jika tidak ada org disekitar kalian yg bisa ditanya, tidak perlu mengharapkan mereka, kamu bisa mulai tanya2 via MEDOS, via GOOGLE, manfaatkan itu. Karena disana sesungguhnya banyaaaak sekali info yg bisa kalian dapat, asal kalian sungguh2nya nyarinya yaaa..

Mulai masuk ke cerita aku bisa dapet beasiswa.. FIRST TIME aku tau info beasiswa dari GOOGLE. Bukan dari orang sekitar, bukan dari sekolah, bukan. Tapi usaha nyari sendiri. Awalnya aku juga kaya kalian, confused banget, ngga tau harus mulai darimana, harus ngelakuin apa dulu biar bisa dapet beasiswa..

Lanjuuut ke part 2, i will post it soon.. Please wait it :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM & PEMBAHASAN PENETAPAN KADAR BESI (II) SULFAT / FeSO4 DENGAN METODE PERMANGANOMETRI

LAPORAN PRAKTIKUM DAN PEMBAHASAN PENETAPAN KADAR ASAM BENZOAT DENGAN METODE TITRASI ALKALIMETRI

[PPT] DIURETIK & ANTIDIURETIK